Tuesday, June 08, 2010

Gara-gara Facebook

Ya ampun! Posting terakhir saya di blog ini pada tanggal 9 September 2008. Hampir dua tahun saya tidak menulis di blog. Produktivitas menurun? Tidak ada ide menulis? Semua bisa dengan tegas saya jawab tidak. Saya menyukai aktivitas menulis dan membaca sejak masa remaja. Ke mana saja dirimu, 'Djie? Bayangkan di tahun 2009 kamu sama sekali tidak menulis. Jauh dari kebiasaanmu. Maafkan diriku (sendiri). Maafkan teman-teman yang mungkin suka "mengintip" baca di blog ini.

Perlu berpikir jernih untuk mengungkap tuntas sebab-musabab diriku tidak produktif di blog. Padahal saya tidak hanya mengelola blog ini saja. Anehnya, koq tidak ada complain dari teman-teman ya? Jangan-jangan mereka juga sudah tidak produktif menulis. Nggak mungkin, ah.

Usut par usut. Jujur ya. Setelah melewati masa perenungan panjang. Ternyata diriku tidak produktif menulis di blog karena pengaruh jaringan sosial yang lain. Sangat akrab dengan kita semua. Apa itu? Jawabnya, hahaha, teman keseharian kita ciptaan Zuckenberg. Ya betul. Facebook telah mengalihkan kebiasaan berkomunikasi massa. Maklum facebook lengkap dengan info diri yang menyebabkan teman sekolah saat SD maupun kuliah yang telah berdekade tidak ketemu menjadi ketemu di dunia maya. Lengkap dengan foto-foto dan cerita-cerita singkat. Kita dan teman-teman kita cukup melihat foto dan membaca status singkat, maka memori kita akan melayang-layang ke masa lalu dan bercerita sendiri tentang rangkaian kejadian-kejadian. Begitu kangen untuk kumpul-kumpul lagi. "Sono, 'Djie", ucap seorang teman SMA di Bandung. Akhirnya bisa ditebak. Copy darat. Reuni teman SD, reuni teman SMP, reuni teman SMA dan kuliah. Berkomunikasi melalui facebook memang mempunyai keunggulan dibandingkan dengan blog yang cenderung "menunggu" response basis massa kita.

Harus ada komitmen baru untuk menulis di blog seperti biasanya. Ayo ah, jangan terlena begitu. "Maapin aye ye blog. Ntar aye aktip lagi". Nantikan hari-hari bersama blog (juga). See you guys. (Moh. Adjie Hadipriawan)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home